Hati-Hati Membeli Unit Perumahan, Ini Tips Aman Supaya Impian Anda Lancar Terlaksana !

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan rumah, dan ingin membeli sebuah rumah di kawasan perumahan, ada baiknya jika Anda hati-hati membeli unit perumahan, ini tips aman supaya impian Anda lancar terlaksana. Itu sebabnya dalam ulasan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara memilih rumah di perumahan, tahapan ketika membeli rumah, serta aneka hal lain yang perlu Anda siapkan dan perhatikan ketika membeli rumah tersebut.

Hati-Hati Membeli Unit Perumahan

Untuk mendapatkan sebuah hunian yang tepat, tentunya tidak bisa sembarangan. Ada banyak sekali faktor yang perlu Anda pertimbangkan, seperti lokasi rumah, akses menuju rumah, fasilitas di sekitar perumahan, keamanan lingkungan, dan hal lainnya. Untuk memudahkan Anda dalam memilih dan menghuni sebuah hunian yang aman dan nyaman, saat ini telah dibangun berbagai macam jenis perumahan.  Anda sebagai calon penghuni baru di perumahan tersebut, tentunya perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Melakukan survey

Ketika Anda akan mencari sebuah rumah di area perumahan, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari atau melakukan survei di berbagai perumahan yang ada. Terutama kawasan yang ingin Anda tinggali, seperti yang lokasinya dekat dengan kantor, dll.

Cari tahu melalui media online, lalu cari informasi dengan mengunjungi lokasi perumahan secara langsung, guna mempermudah Anda dalam melakukan komparasi rumah.

  1. Memilih lokasi rumah

Setelah memilih salah satu perumahan yang dinilai tepat, langkah berikutnya adalah memilih lokasi rumah yang dianggap paling tepat. Untuk memilih lokasi yang dianggap tepat, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

–  Anda dapat memilih lokasi rumah di dalam atau di luar cluster. Apabila Anda memiliki anak kecil, atau ingin perumahan yang memiliki tingkat keamanan dan kebisingan rendah, sebaiknya memilih rumah yang berada di dalam cluster.

– Anda juga dapat memilih lokasi rumah yang berdekatan dengan berbagai macam fasilitas, misalnya saja dekat dengan area pertokoan, dekat dengan area taman, atau hal lainnya.

– Posisi atau arah rumah juga dapat Anda perhatikan, misalnya saja Anda ingin rumah yang menghadap matahari terbit, atau hal lainnya.

– Memilih posisi rumah sudut atau rumah hook, tentunya akan membuat ukuran rumah jadi lebih luas, namun tentu saja, Anda harus membayar ekstra untuk tanah hook tersebut.

  1. Mendatangi pihak pemasaran

Datangi juga pihak pemasaran dari perumahan tersebut. Disini Anda dapat meminta informasi lebih detail, tentang rumah yang ingin Anda miliki. Tidak ada salahnya jika Anda meminta pihak pemasaran untuk mengantar Anda ke lokasi rumah yang diinginkan, guna memperoleh informasi secara lebih banyak.

  1. Memilih jenis rumah

Di perumahan, terutama perumahan yang baru saja dibangun, selalu ada 2 pilihan yang dapat Anda ambil, yaitu, rumah indent atau rumah yang belum dibangun atau rumah siap huni. Masing-masing jenis rumah tersebut mempunyai keuntungan dan kelebihannya masing-masing.

Apabila Anda memilih rumah siap huni, maka Anda dapat langsung menempatinya, namun jika Anda membeli rumah indent, sedikit banyak Anda dapat memberikan masukan untuk desain rumah yang diinginkan. Namun tentu saja Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat menghuni rumah tersebut.

  1. Memperhatikan masalah harga rumah

Perhatikan juga masalah harga rumah, Anda harus lebih teliti untuk masalah ini. Untuk masalah harga Anda harus mengecek, apakah harga rumah yang ditawarkan sudah termasuk PPN sebesar 10%,  biaya Akta Jual Beli /AJB, biaya Sertifikat Hak Guna Bangun / SHGB, dan hal lainnya. Jika belum pelajari lebih detail, tentang hal-hal apa saja yang sudah termasuk harga rumah tersebut. Biasanya harga rumah belum termasuk, Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan /BPHTB, serta biaya KPR ( anatra lain provisi, administrasi, notaris, APHT, asuransi jiwa dan kebakaran, dll). Tidak hanya itu, harga rumah juga biasanya ditambah dengan BPHTB, atau yang biasanya disebut dengan harga pengikatan.

  1. Perhatikan cara mencicil rumah

Untuk membeli rumah ada 2 cara yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan cara mencicil rumah atau membayar tunai. Jika Anda mencicil rumah, sebaiknya Anda menggunakan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR, yang biasanya diajukan oleh pihak Bank.

  1. Lama waktu proses akad kredit

Apabila Anda ingin mengambil rumah dengan status indent, atau sedang dibangun biasanya lama proses akad kredit sekitar 8 hingga 24 bulan, sebelum rumah benar-benar siap huni. Sedangkan ketika Anda memilih rumah dengan status siap huni biasanya lama waktu akad sekitar 1 hingga 2 bulan. Lama waktu tersebut biasanya digunakan untuk membersihkan rumah, mengecat ulang rumah, mendafatarkan ke pihak PLN, PDAM, jaringan telfon, dan hal lainnya.

  1. Adanya masa pemeliharaan rumah

Yang perlu Anda ketahui, ketika membeli rumah di kawasan perumahan adalah, ada yang disebut dengan masa pemeliharaan. Ini adalah batas waktu garansi kerusakan rumah. Jika sebelum batas waktu yang diberikan, terjadi kerusakan pada rumah tersebut, maka pihak pengembang akan melakukan renovasi secara gratis. Adapun lama waktu masa pemeliharaan tersebut sekitar 3 hingga 6 bulan. Biasanya kerusakan yang paling sering terjadi antara lain terjadi kebocoran, dinding retak, atau hal lainnya.

  1. Teknik merenovasi rumah

Apabila Anda ingin melakukan renovasi terhadap rumah tersebut, sebaiknya jangan dilakukan selama masa pemeliharan rumah. Karena jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka pihak pengembang tidak akan bertanggung jawab.

  1. Menambahkan beberapa desain tambahan

Untuk mempercantik rumah yang Anda miliki, tidak ada salahnya jika menambahkan beberapa aksesoris lainnya, antara lain, pagar, wadah untuk bak penampungan, dll, selama proses masa pemeliharaan rumah, karena hal-hal seperti ini tidak mempengaruhi inti rumah. Bahkan hal ini akan semakin mempercantik rumah itu sendiri.

Dengan mengetahui hal-hal seperti ini, tentunya Anda akan lebih hati-hati membeli unit perumahan, ini tips aman supaya impian Anda lancar terlaksana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *