Jangan Takut Ditolak Ketika Mengajukan KPR, Begini Tipsnya

KPR adalah program yang bertujuan untuk membuat setiap orang dapat memiliki kepemilikan rumah dengan lebih mudah. Namun tentunya prosesnya tidak semudah itu juga. Karena nantinya pihak bank yang akan memberikan pembayaran secara tunai kepada pengembang rumah tersebut maka dalam pihak bank adalah pihak yang mengeluarkan uang yang besar pada awalnya. Tentunya dengan jumlah uang yang besar yang telah dikeluarkannya maka pihak bank harus lebih berhati-hati dan tidak sembarangan dalam menyetujui pengajuan kepemilikan properti yang diajukan oleh nasabah.

Jangan Takut Ditolak Ketika Mengajukan KPR

Karena agar uang yang sudah dikeluarkan itu tidak sia-sia maka pihak bank tentunya harus memastikan bahwa pihak yang mengajukan KPR itu memang nantinya bisa menjamin bahwa ia bisa membayar angsuran kredit pada bank setiap bulannya dengan lancar. Maka dari itu salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh pihak yang mengajukan adalah adanya pekerjaan yang bergaji tetap setiap bulannya yang tentunya jauh lebih besar dari tanggungan kredit yang dibebankan setiap bulannya. Maka dari itu biasanya pada saat pengajuan KPR itu dilaksanakan maka salah satu persyaratan adalah adanya slip gaji selama beberapa bulan terakhir. Kemudian nantinya pihak benar-benar akan melakukan survey sehingga dengan demikian bisa benar-benar terbukti apakah nasabah tersebut memang mampu untuk mengambil kredit KPR.

Terkadang karena kurang teliti, kurang berkas atau karena berbagai hal lainnya, maka pengajuan KPR yang tadinya nampak mudah menjadi sulit bagi sebagian orang yang mengajukannya. Tak jarang pengajuan KPR itu kemudian tidak bisa disetujui oleh pihak bank dan langsung ditolak karena adanya kekurangan dalam pengajuannya. Anda yang sedang berencana untuk mengambil kredit KPR tentunya harus bisa mempersiapkan diri dengan baik sehingga dengan demikian pengajuan KPR yang Anda lakukan bisa diterima dengan mudah oleh pihak bank. Ada juga beberapa orang yang sebenarnya memiliki semua syarat untuk pengajuan KPR namun karena ketidaktahuannya membuat pengajuannya menjadi tidak lengkap dan akhirnya ditolak oleh pihak bank. Untuk itu Jangan takut ditolak ketika mengajukan KPR, begini tipsnya :

Cari Tahu Informasinya Secara Lengkap

Dalam melakukan sesuatu hal apalagi yang berkaitan dengan instansi yang formal layaknya Bank maka tentunya Anda harus benar-benar siap. Hal ini tidak hanya akan mempermudah Anda dalam mengajukan KPR tersebut namun tentunya juga menghemat waktu Anda sehingga dengan demikian Anda tidak perlu berulang kali mendatangi pihak bank hanya untuk melakukan pendaftaran. Akan sangat baik jika Anda sudah langsung membawa semua berkas yang dibutuhkan pada saat Anda hendak mengajukan KPR sehingga dengan demikian pihak bank akan langsung meneliti berkas dan jika memang sudah sesuai bisa langsung dilanjutkan ke tahapan selanjutnya untuk melancarkan pengajuan KPR tersebut. Darimana Anda bisa mengetahui informasi mengenai pengajuan KPR secara lengkap? Internet. Pada saat ini semua bank sudah memiliki website resminya sendiri dan tentunya di sana terdapat sejumlah informasi yang berkaitan dengan bank termasuk program KPR tersebut. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya dari web keuangan lainnya yang bisa memperkaya informasi Anda.

Bandingkan KPR Dari Beberapa Bank

Biasanya setiap bank memiliki aturan dan layanan berbeda dalam memberikan sejumlah programnya. Begitu pula dalam program pengajuan KPR ini biasanya terdapat perbedaan syarat dan layanan yang akan diterima oleh pihak nasabah. Anda harus cermat dan melihat manakah yang paling menguntungkan serta memudahkan Anda. Dengan melakukan perbandingan ini maka Anda akan bisa mendapatkan program KPR mana yang paling cocok untuk Anda sehingga peluang Anda untuk berhasil dalam mengajukan KPR itu semakin besar. Anda bisa memilih sekitar 3 bank yang memberikan layanan KPR lalu ajukan KPR pada pihak bank yang paling memudahkan Anda. Memilih setidaknya 3 bank yang cocok untuk Anda bisa memberikan Anda pilihan jika nantinya bank pertama ternyata tidak bisa menyetujui pengajuan KPR Anda karena ada yang kurang sesuai. Dengan demikian tentunya peluang Anda mendapatkan rumah dari program KPR ini semakin besar saja.

Perhitungkan Keuangan Anda

Anda tentunya harus menghitung sebelumnya berapa angsuran kredit yang sanggup Anda bayarkan setiap bulannya dengan melihat berapa besar penghasilan yang Anda dapatkan dalam sebulan. Tentunya dalam menghitung keuangan Anda tersebut, terlebih dulu hitung berapa kebutuhan bulanan Anda dan kemudian saat dikurangi dengan kebutuhan bulanan dan angsuran kredit KPR Anda tetap harus memiliki uang simpanan setiap bulannya. Hal ini sangat penting sehingga jika ada kebutuhan mendadak lainnya Anda tetap bisa memenuhinya tanpa membuat angsuran KPR Anda menjadi terganggu. Sering kali nasabah tidak bisa membayar dengan baik padahal gajinya selalu cukup dikarenakan perhitungan yang salah di awal pengambilan KPR. Maka dari itu Anda harus berhati-hati. Kemudian juga jangan terlalu memaksakan diri untuk membayar dengan jumlah uang yang terlalu besar di muka, Anda bisa menyesuaikan dengan tabungan yang Anda miliki dan kemampuan Anda saja.

Lengkapi Semua Syarat Dengan Lengkap

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa biasanya di web bank tersebut juga ada sejumlah informasi tentang syarat-syarat yang harus dikumpulkan nasabah saat hendak mengurus sesuatu hal di bank tersebut, termasuk juga syarat dalam mengajukan KPR juga diinformasikan dengan sangat lengkap di webnya. Bawalah sejumlah berkas tersebut dengan lengkap ke bank sehingga dengan demikian Anda tidak perlu berulang kali datang hanya karena ada berkas lain yang belum Anda bawa dengan lengkap. Berhubung proses ini cukup panjang, maka untuk mempersingkatnya Anda sendiri juga harus aktif dalam mengajukan KPR ini.

Semoga bermanfaat dan selamat berburu rumah baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *